Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kepulauan Riau Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kepulauan Riau Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kepulauan Riau Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kepulauan Riau
Pengumuman
DISTAMBEN PROV KEPRI BERSAMA SKK MIGAS SEPAKAT MELAKSANAKAN PROGRAM CSR KKKS SEKTOR HULU MIGAS TAHUN 2013

Dalam rangka merealisasikan program Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Kepulauan Riau Dinas Pertambangan dan Energi Prov Kepri mengadakan rapat lanjutan evaluasi dan koordinasi Program CD/CSR KKKS Sektor Hulu Migas Tahun 2012 dan 2013 dengan menitikberatkan Program Penanggulangan Kemiskinan.

Pengadaan Barang dan Jasa
Berita - KENAIKAN HARGA BBM TELAH DISAHKAN OLEH DPR Print
KENAIKAN HARGA BBM TELAH DISAHKAN OLEH DPR

Sidang paripurna DPR-RI, Senin (17/06/13) akhirnya mengesahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2013. Keputusan diambil setelah sidang yang berlangsung alot sejak pagi hingga malam ini.

Dalam sidang yang berakhir sekitar pukul 22.30 WIB itu, diputuskan DPR menyetujui pengesahan RAPBN-P 2013 untuk kemudian dijadikan UU. Mayoritas anggota DPR menyetujui kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM. hasil ini dicapai setelah semua fraksi bersepakat melakukan voting.

Kenaikan harga BBM, terutama Premium dan solar bersubsidi, sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi karena harga BBM harus mengikuti tren perkembangan harga minyak dunia. Menurut Setya, pemerintah telah mempertimbangkan terkait rencana kenaikan BBM bersubsidi itu.

Premium akan naik menjadi Rp 6.500/liter dari harga selama ini Rp 4.500/liter atau mengalami kenaikan sebesar Rp 2.000/liter, sedangkan solar naik menjadi Rp 5.500/liter atau mengalami kenaikan sebesar Rp 1.000/liter dari sebelumnya Rp 4.500/liter.

Kenaikan BBM ini, katanya, akan membuat adanya penghematan negara sebesar Rp 48 triliun. Dari total penghematan itu, sebesar Rp 30 triliun akan dikembalikan kepada masyarakat dalam berbagai program pemerintah untuk membantu masyarakat, terutama masyarakat miskin di daerah pedesaan. "Kenaikan wajib dilakukan karena negara mengalami defisit 3,26 persen". 

Program yang akan diluncurkan pemerintah terkait kenaikan BBM ini, yakni program beras untuk orang miskin (Raskin) sebesar Rp 4.3 triliun, Program Bantuan Siswa miskin sebesar Rp 7,5 triliun, program peningkatan infrastruktur pedesaan sebesar Rp 6 triliun, program Bantuan Langsung sementara untuk masyarakat miskin sebesar Rp 11,6 triliun dan program Keluarga Harapan sebesar 0,7 Triliun.

Untuk mendorong akselerasi pembangunan infrastruktur dan sejumlah sektor vital di Tanah Air, harga BBM bersubsidi sebaiknya dinaikkan hingga mendekati harga pasar. Kompensasi kenaikan harga BBM bagi rakyat miskin dan hampir miskin bisa diberikan secara langsung berupa bahan pangan dan bantuan lainnya.

"Mulailah mendata masyarakat miskin di daerah ini sehingga bisa diberikan bantuan tersebut," katanya.

Menghadapi gerakan penolakan ini, pemerintah diimbau lebih gencar melakukan sosialisasi. Selama ada alasan kuat dan sosialisasi yang baik, dukungan terhadap kenaikan harga BBM akan besar.

Dukungan terhadap kenaikan harga BBM juga akan mengalir jika pada saat yang sama, pemerintah gencar melakukan penghematan, diversifikasi energi, mengembangkan energi terbarukan, dan siap dengan rencana aksi pembangunan infrastruktur serta pembangunan sektor vital lainnya. (Alex)

Baca Juga
Berita Terkini
September Kontrak Blok East Natuna Ditandatangani

September Kontrak Blok East Natuna DitandatanganiPemerintah akan segera memproduksikan cadangan minyak di Blok East Natuna. Cadangan minyak diproduksikan terlebih dahulu sedangkan pengembangan gas masih menunggu selesainya hasil studi di akhir 2017. Blok East Natuna perlu dipercepat produksinya karena memiliki cadangan yang cukup besar. Pemerintah menargetkan agar kontrak kerja sama dapat ditandatangani pada September mendatang Selain itu, perlu dilakukan untuk menjaga kedaulatan negara karena dikhawatirkan ada negara lain yang menarik batas negara di luar wilayahnya jika kawasan Natuna tidak dikembangkan.

PERUSAHAAN MIGAS SANTOS NORTHWEST NATUNA B.V. AKAN MENGEMBANGKAN LAPANGAN ANDE-ANDE LUMUT BLOK NORTHWEST NATUNA DI LAUT NATUNA-ANAMBAS PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Santos Northwest Natuna B.V. mengadakan audiensi dan sosialisasi rencana kegiatan pemboran sumur AAL-4X di Lapangan Ande-Ande Lumut Blok Northwest Natuna pada hari rabu tanggal 27 Juli 2016 di Ruang Rapat Gubernur Kepulauan Riau. Sosialisasi dipimpin oleh Plt. Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kepulauan Riau, Bapak Azman Taufik yang dihadiri oleh Kepala Intelijen Daerah, Bapak Brigjen TNI Yulius Selvanus, Kepala Operasi Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Bapak Rudy Fajar dan dari Pihak Santos Northwest Natuna B.V. adalah Hanny Denalda (Acting External Relation Manager), Ridha Hikmat (Drilling Manager), Gunadi Prayitno (Security Manager), Olivia Kabi (HSE Manager) serta jajaran instansi terkait lainnya.

Menjelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri Tahun 2016 PT. Pertamina Menyiapkan Pasokan BBM dan LPG Tambahan

Menjelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri Tahun 2016 PT. Pertamina Menyiapkan Pasokan BBM dan LPG TambahanMenjelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri Tahun 2016, PT. Pertamina telah menyiapkan beberapa upaya dalam mengantisipasi kelangkaan BBM dan LPG. Hal ini ditegaskan oleh Bapak Tri Yudha Nurmansyah selaku Sr. Sales Exsecutive Retail XII PT. Pertamina, dalam Rapat Persiapan Menjelang Bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri Tahun 2016 yang dilaksanakan pada tanggal 09 Juni 2016 di Ruang Rapat PT. Pertamina Batam, rapat dihadiri oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan perwakilan masing-masing Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

SERAH TERIMA PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL TAHUN 2015 DAN RENCANA PROGRAM TAHUN 2016 DI WILAYAH KABUPATEN NATUNA

Dengan selesainya realisasi program Tanggung Jawab Sosial (TJS) tahun 2015 atau dikenal dengan CSR, Pemerintah Kabupaten Natuna mengadakan acara penyerahan program tersebut yang diadakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna pada tanggal 31 Mei 2016. Serah Terima Kegiatan CSR tahun 2015 di Kabupaten Natuna dipimpin oleh Bapak Asisten Pemerintahan Kabupaten Natuna, Bapak Drs. H. Yacob Ismail, serta dihadiri oleh Distamben Provinsi Kepulauan Riau, Bappeda Kabupaten Natuna, Distamben Kabupaten Natuna, Disdik Kabupaten Natuna, Kecamatan, Kepala Desa,TNI dan Polri, SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKKS) Migas ConocoPhillips Indonesia Ltd, Premier Oil Natuna Sea B.V, Star Energy Ltd dan Lundin B.V.

Rekonsiliasi Lifting Migas Triwulan (TW) I Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2016

Rekonsiliasi Lifting Migas Triwulan I Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2016Rapat Rekonsiliasi Perhitungan Realisasi Lifting Migas TW. I Tahun 2016 yang diselenggarakan pada tanggal 19 Mei 2016 di Banjarmasin oleh Ditjen Migas Kementerian ESDM bersama Instansi terkait antara lain Direktorat Jenderal Anggaran, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Keuangan Daerah, SKK Migas, KKKS dan daerah penghasil migas seluruh Indonesia. Rapat dipimpin oleh Bapak Siwi Pamungkas, SE, MM selaku Kasi Perhitungan Penerimaan Negara.

KEMENTERIAN ESDM BERSAMA KPK MENGGELAR RAPAT KORSUP SEKTOR ENERGI TAHUN 2016

Rapat Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Sektor Energi Sub Sektor Migas Tahun 2016 di pekanbaru yang diinisiasi Kementerian ESDM bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang Pemerintah Daerah Provinsi Kabupaten/Kota dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau dan para pejabat terkait dari Kementerian/Lembaga Pemerintahan. Acara yang mengambil tema "Gerakan Nasional Mewujudkan Kedaulatan Energi" dihadiri oleh Wakil ketua KPK Laode M Syarif, Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Plt. Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Plt. Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun.

Rapat Koordinasi Pelaksanaan CD/CSR Minyak dan Gas Bumi Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2016

Rapat Koordinasi Pelaksanaan CD CSR Minyak dan Gas Bumi Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2016Rapat Koordinasi Pelaksanaan CD/CSR Migas Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2016 yang dilakukan tanggal 05 April 2016 di Batam dengan menghadirkan Dinas Pertambangan dan Energi, Biro Administrasi Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Natuna, Perwakilan SKK Migas Sumbagut dan KKKS Migas (Conoco Phillips dan Premier Oil).

Presentasi Dokumen RKTTL 2016

Presentasi Dokumen RKTTL 2016Pada tanggal 23 Februari 2016 Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kepulauan Riau melakukan rapat kordinasi terkait pembahasan Dokumen Rencana Kerja Tahunan Teknis dan Lingkungan ( RKTL) Tahun 2016 yang disampaikan oleh PT. Pacific Granitama yang merupakan salah satu perusahaan komoditas bahan galian tambang batu yaitu batu granit yang berlokasi di kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

RSS Feed - news.detik.com
 Sedang proses pengambilan RSS Feeds...